Prediksi Persija Jakarta vs PSM Makassar 28 Agustus 2019

28 August 0

 Persija Jakarta dan PSM Makassar akan bertemu untuk ketiga kalinya sepanjang 2019. Dua bentrokan sebelumnya tersaji di final Piala Indonesia, yang dimenangi PSM dengan agregat 2-1.

Persija Jakarta akan menjamu PSM Makassar di Stadion Utama Gelora Bung Karno dalam partai tunda pekan ke-7 Shopee Liga 1 2019, Rabu (28/8/2019). Laga ini jadi kesempatan buat kedua tim untuk memperbaiki peringkat di tabel klasemen.

Jika dikomparasi dengan tim peserta Liga 1 2019 lainnya, Persija Jakarta dan PSM menjadi yang paling sedikit memainkan pertandingan musim ini. Kedua tim mengantongi banyak laga tunda karena berpartisipasi di Piala AFC 2019 dan sampai melaju ke final Piala Indonesia 2018.

Persija baru bermain sebanyak 12 kali di liga, sedangkan PSM selisih satu pertandingan dibelakangnya dengan 11 laga. Jumlah tersebut berbanding lurus dengan peringkat Persija dan PSM di tabel klasemen.

Macan Kemayoran saat ini berada di peringkat ke-15 dengan raihan 13 poin, sedangkan PSM berada di posisi kesembulan dengan 19 angka. Jadi, bisa dibilang kedua tim akan bekerja keras untuk bisa memanfaatkan laga tunda sebagai panggung perbaikan peringkat.

Persija dalam kondisi siap tempur jelang menghadapi PSM. Hanya Sandi Sute yang dipastikan absen karena mendapatkan sanksi akumulasi kartu kuning.

Namun, pelatih Julio Banuelos mengkhawatirkan persiapan timnya yang tak sempurna. Seperti diketahui, Macan Kemayoran dihantui kelelahan karena sudah memainkan enam pertandingan sepanjang Agustus 2019.

“Kalau berbicara tentang persiapan, memang tidak sempurna karena dalam sebulan ini dalam 20 hari kami harus melalui enam pertandingan. Meski demikian, persiapan sudah sebaik mungkin,” kata Banuelos dalam konferensi pers jelang laga.

Meski demikian, Persija tentu tak ingin melewatkan kesempatan mengamankan poin penuh pada laga nanti. Apalagi laga tersebut digelar di SUGBK yang akan dipenuhi suporter.

Selain itu, laga ini juga menjadi obat balas dendam buat Persija Jakarta. Pada pertemuan terakhir di final Piala Indonesia 2018, Ismed Sofyan dkk harus melewatkan trofi karena kalah agregat 1-2 dari Juku Eja.

Laga melawan Persija Jakarta kabarnya menjadi yang terakhir buat Eero Markkanen. Hal itulah yang membuat pemain berpaspor Finlandia itu dituntut untuk tampil impresif plus mencetak gol bila ingin dipertahankan PSM.

Markkanen sejauh ini baru mencetak satu gol buat PSM di Shopee Liga 1 2019. Hal itu dilakukannya dalam laga kekalahan 2-3 dari PSS Sleman (24/8/2019).

Pelatih Darije Kalezic memastikan, Markkanen akan menjadi salah satu yang masuk dalam susunan pemain pada laga melawan Persija. Markkanen berharap dia bisa memberikan kemampuan pada laga penentu nasibnya bersama Juku Eja tersebut.

“Saya selalu menikmati setiap pertandingan. Ketika dimainkan, tentu saya ingin tampil maksimal,” tegas Markkanen.

Menghadapi Persija, Markkanen kembali ditopang oleh duet penyerang sayap, Muhammad Rahmat dan Zulham Zamrun. Darije tidak punya opsi banyak di lini depan menyusul cedera yang dialami Guy Junior dan Bayu Gatra. Adapun Ferdinand Sinaga sudah bergabung bersama Timnas Indonesia untuk persiapan Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Kerja Markkanen bisa jadi ringan kalau Wiljan Pluim tampil dengan kemampuan terbaiknya. Begitu pun dengan dua gelandang lainnya, Marc Klok dan Muhammad Arfan.

Sementara itu, Darije wajib membenahi konsentrasi lini belakangnya yang kerap kehilangan fokus ketika lawan melakukan tekanan bergelombang. Duet stoper, Aaron Evans dan Abdul Rahman harus meminimalisir kesalahan untuk membentengi kiper Rivki Mokodompit.

Persija Jakarta (4-3-3): Shahar Ginanjar (kiper), Rezaldi Hehanusa, Maman Abdurrahman, Ryuji Utomo, Novri Setiawan (belakang), Tony Sucipto, Rohit Chand, Ramdani Lestaluhu (tengah), Heri Susanto, Riko Simanjuntak, Marko Simic (depan).

Pelatih: Julio Banuelos (Spanyol).

PSM Makassar (4-3-3): Rivki Mkodompit (kiper), Asnawi Mangkualam, Aaron Evans, Abdul Rahman, Beny Wahyudi (belakang), Wiljan Pluim, Marc Klok, Muhammad Arfan (belakang), Zulham Zamrun, Eero Markkanen, Muhammad Rahmat (depan).

Pelatih: Darije Kalezic (Bosnia).

Prediksi: Persija Jakarta 55-45 PSM Makassar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *