Hasil Pertandingan Peru vs Brasil: Skor 0-5

23 June 0

Peru dan tuan rumah Brasil saling berhadapan di Arena Corinthians Sao Paulo pada pertandingan terakhir mereka di babak penyisihan grup Copa America 2019, Minggu (23/6). Brasil menang 5-0 dan dipastikan lolos ke perempat final sebagai juara Grup A.

Brasil unggul 3-0 di babak pertama lewat gol-gol Casemiro menit 12, Roberto Firmino menit 19, dan Everton Soares menit 32. Kapten Dani Alves mengubah skor jadi 4-0 di menit 53, kemudian pemain pengganti Willian menjadikannya 5-0 di menit 90. Gabriel Jesus bisa saja membuat Brasil menang 6-0, tapi eksekusi penaltinya saat injury time ditepis oleh kiper lawan.

Brasil pun finis di posisi teratas Grup A dengan tujuh poin dari tiga pertandingan. Venezuela, yang di partai satunya menang 3-1 atas Bolivia, finis dengan lima poin dan mendampingi Brasil lolos otomatis ke babak berikutnya. Sementara itu, Peru finis peringkat tiga dengan empat poin, dan Bolivia finis dengan poin nol di posisi terbawah.

Di laga sebelumnya, Brasil ditahan imbang 0-0 oleh Venezuela. Brasil sejatinya mencetak dua gol lewat Gabriel Jesus dan Philippe Coutinho, tapi keduanya dianulir dengan VAR. Melawan Peru di partai penentuan, anak-anak asuh Tite seolah melampiaskan kekecewaan mereka.

Di babak pertama saja, Brasil mendominasi pertandingan dengan penguasaan bola mencapai 63% dan unggul jumlah tembakan tepat sasaran 4 berbanding 1. Gol Casemiro lewat sebuah situasi corner, gol Firmino memanfaatkan kesalahan kiper Pedro Gallese, dan gol Everton dari luar kotak penalti pun membuat Brasil berada di posisi yang sangat bagus.

Casemiro mencetak gol perdananya untuk Brasil, dalam penampilan ke-39. Dia mencetak gol itu lewat tembakan tepat sasaran pertamanya di turnamen Copa America (5 pertandingan).


Unggul tiga gol di babak pertama, Brasil sepertinya takkan terbendung. Ketika Dani Alves menuntaskan kerja sama dengan Arthur dan Firmino untuk mencetak gol keempat Brasil di laga ini, Peru semakin tenggelam.

Alves pun tercatat sebagai pemain Brasil tertua yang mencetak gol di Copa America setidaknya selama 96 tahun terakhir. Dia melakukannya di usia 36 tahun dan 47 hari.

Unggul 4-0, Brasil tetap menyerang. Willian, yang masuk menggantikan Coutinho di menit 77, mencetak gol kelima Brasil di akhir waktu normal.

Masuk injury time, Gallese kembali melakukan kesalahan. Kiper Peru itu divonis melanggar Gabriel Jesus di kotak terlarang, dan wasit menunjuk titik 12 pas. Namun Gallese menebusnya dengan memblok tendangan penalti pemain yang dilanggarnya.

Brasil akhirnya menang ‘cuma’ lima gol tanpa balas dan menjadi tim ketiga yang lolos ke perempat final, menyusul Kolombia (Grup B) dan juara bertahan Chile (Grup C).

Pada edisi sebelumnya, di Copa America Centenario 2016, Brasil besutan Dunga secara memalukan kandas di penyisihan grup. Sekarang, di rumah sendiri, jika mampu terus bermain sensasional seperti ini atau bahkan lebih baik lagi, Selecao sepertinya bisa melangkah jauh.

Susunan Pemain dan Statistik

Peru (4-1-4-1): Gallese; Advincula (kuning 81), Araujo, Abram, Trauco; Tapia; Polo, Cueva (Ballon 67), Yotun (kuning 16) (Flores 46), Farfan; Guerrero (Gonzales 55).

Pelatih: Ricardo Gareca.

Brasil (4-2-3-1): Alisson; Dani Alves, Marquinhos, Thiago Silva (kuning 78), Filipe Luis (Alex Sandro 57); Arthur, Casemiro (kuning 10) (Allan 70); Gabriel Jesus, Coutinho (Willian 77), Everton; Firmino.

Pelatih: Tite.

Statistik Peru – Brasil

  • Ball possession: 31% – 69%
  • Shots: 8 – 17
  • Shots on target: 2 – 8
  • Kartu kuning: 2 – 2
  • Kartu merah: 0 – 0.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *